SLB TNCC adakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) bagi siswa disabilitas

SLB TNCC adakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) bagi siswa disabilitas

  • Ditulis tanggal 24 Oct 2023 |
  • Dibaca 137 kali

Sekolah Luar Biasa (SLB) TNCC Banda Aceh  kembali mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Ke II dengan tema “Membangun Kepemimpinan yang Tangguh, Mandiri, dan Berkarakter Pancasila" pada hari Sabtu dan Minggu 21 s/d 22 Oktober 2023 bertempat di halaman SLB TNCC. Kegiatan ini dihadiri oleh 17 anggota pramuka dengan ketunaan autisme, tunagrahita, tunarungu dan MDVI didampingi oleh 9 orang panitia/pembina pramuka.

Ketua panitia kegiatan PERSAMI Marhamah, S.Pd menyampaikan bahwa PERSAMI tahun ini sudah kedua kalinya dilaksanakan dibawah binaan Bidang Kesiswaan yaitu pada program Ekstrakurikuler Wajib (Kepramukaan). Selain itu para peserta sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini walau sebagian dalam kondisi yang kurang sehat. "Mereka sangat kooperatif dan disiplin dalam mengikuti semua rangkaian acara sehingga semua berjalan dengan lancar", ujarnya. Selain itu terlibat juga Muhammad Yahya, S.Pd dan Nurlia, S.Pd (pelatih Pramuka) yang didampingi Armia, S.Pd., Munadhian Alhaj, S.Pd dan Rahmah Tina, S.Pd dari internal SLB TNCC juga.

KORLAP yang juga Waka Kesiswaan Eva Yulita,S.Sos. I menyampaikan tujuan dari kegiatan PERSAMI ini untuk melatih para siswa lebih mandiri, mampu bersosialisasi dengan baik, mampu mengurus diri tanpa pendampingan orangtua, mengenali alam secara nyata, melatih problem solving serta menambah pengalaman praktis tentang hidup kepada para siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk apel atau upacara Pembukaan, pemasangan tenda, masak memasak, solat bersama, api unggun dan pentas seni, senam pramuka, materi gerakan PBB dan jelajahan lingkungan sekolah serta diakhiri dengan apel penutupan.

Sementara itu kepala SLB TNCC DM. Ria Hidayati S.Psi, M.Ed menyampaikan bahwa kegiatan Persami merupakan salah satu perwujudan tuntutan dari program sekolah penggerak dimana pembelajaran ekstrakurikuler yang berorientasi pada siswa dan mencerminkan profil pelajar Pancasila dalam hal keimanan dan akhlak yang mulia, mandiri, gotong royong, kreatif berbhinnekaan global dan bernalar kritis. Dan tentu saja kegiatan ini merupakan wujud akhir dari latihan Pramuka yang selama ini dijalankan dimana aspek adaptasi dan interaksi sosial, kemandirian, dan disiplin terlatih sekaligus. Selain itu inti kegiatan latihan Pramuka juga tampak dalam kegiatan jelajah yang terdiri atas 3 pos yang menguji kepahaman mereka sebagai anggota pramuka. Yang paling mengharukan adalah kegiatan ibadah sholat berjamaah dilakukan secara rutin selama persami berlangsung. "Hampir seperti mendampingi siswa reguler rasanya karena saat azan subuh berkumandang mereka bangun untuk sholat subuh lalu mandi dan beraktivitas pagi seperti anak Pramuka pada umumnya padahal malamnya hanya tidur beberapa jam saja", ujarnya dengan bangga.

Selain pembina Pramuka, malam api unggun juga dihadiri oleh ketua dan pengawas yayasan rumah kita Indonesia, pengawas SLB TNCC , serta perwakilan fasilitator sekolah penggerak yang sangat menikmati sesi api unggun bersama seluruh peserta pramuka. Kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada tim kesiswaan SLB TNCC atas dedikasinya melatih siswa istimewa tentang dunia kepramukaan tanpa kenal lelah.

Kirim Komentar

Kontak
Alamat :

Jl. Rajawali No. 5 Gp. Keuramat

Telepon :

085260805411

Email :

tncc.indonesia@gmail.com

Website :

slbtncc.sch.id

Media Sosial
Youtube