- Gandeng Dompet Dhuafa, SLB TNCC Gelar Lomba Dinul Islam...
- Program Career’s Day SLB TNCC Libatkan Orangtua dalam Pemb...
- "SLB TNCC Gelar Parenting Class Ke-27 Khusus Wanita Tentang ...
- SLB TNCC Ikut Kolaborasi Projek P5PPRA dengan Siswa MAN 1 Ba...
- SLB TNCC Kerjasama Penelitian Manajemen Bencana Untuk Disabi...
- SLB TNCC gelar Webinar nasional dan Aksi turun ke jalan Samb...
- SLB TNCC Terima Penghargaan LPKRA dari Kementrian PPPA...
- SLB TNCC gandeng BNN kota Banda Aceh dalam implementasi Pen...
- SLB TNCC adakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) bagi siswa...
- Libatkan orangtua dalam pembelajaran SLB TNCC gelar program ...
Penggunaan Media PECS ( Picture Exchange Communication System ) dalam pembelajaran
PECS merupakan sebuah metode yang
dikembangkan oleh Dr. Andy Bondy dan Lori Frost. Fokus utama metode PECS adalah
untuk mengembangan kemampuan komunikasi.
Metode ini dapat digunakan pada anak dengan gangguan autisme. Anak dengan
gangguan autisme merupakan anak yang mengalami gangguan perkembangan yang
ditandai dengan tiga gejala atau gangguan perkembangan, yaitu gangguan
komunikasi, interaksi sosial dan perilaku.
Penerapan metode PECS untuk mengembangkan kemampuan komunikasi pada anak
menggunakan alat bantu komunikasi berupa kartu gambar.
Secara umum, penerapan Metode PECS dilakukan
dalam enam fase. Kai-Chien Tien
menyatakan 6 fase tersebut sebagai berikut (2008: 62-63): “(1) Phase I–“How”
to Communicate;(2) Distance and Persistence; (3) Picture Discrimination; (4)
Sentence Structure; (5) Responding to “What do you want?”; (6) Commenting”.
Bagaimana cara penggunaan media PECS dalam pembelajaran ? ada 2 cara
dalam menggunakan media PECS dalam pembelajaran yaitu Verbal dan Nonverbal.
Verbal
- 1. Berdiri/ duduk menghadap media PECS
- 2. Guru menanyakan “Apa yang akan kita lakukan hari ini ? Atau Apa yang sudah kita lakukan sebelumnya ?”
- 3. Peserta didik menunjuk gambar
- 4. Peserta didik menyebutkan gambar
- 5. Peserta didik mengambil kartu gambar
- 6. Peserta didik meletakkan kartu gambar pada tempat menyusun kalimat s-p-o
- 7. Peserta didik menyebutkan namanya
- 8. Peserta didik menyebutkan gambar
- 9. Peserta didik menyebutkan di sekolah
- 10. Peserta didik menyebutkan kata dengan pola s-p-o sesuai dengan kemampuan komunikasinya (jika peserta didik belum mampu bicara dengan mandiri maka meniru ucapan guru perkata)
NonVerbal
- Berdiri/ duduk menghadap media PECS
- Guru menanyakan “Apa yang akan kita lakukan
hari ini ? Atau Apa yang sudah kita lakukan sebelumnya ?”
- Peserta didik menunjuk gambar
- Peserta didik
mengambill gambar
- Guru menyebutkan gambar yang ditunjuk
- Guru meminta peserta didik mengulangi nama
kegiatan pada kartu gambar yang
diambil sesuai kemampuan komunikasinya (jika peserta didik belum mampu
meniru ucapan, maka cukup menunjuk kartu yang dimaksud)