SLB TNCC Kerjasama Penelitian Manajemen Bencana Untuk Disabilitas Dengan Tohoku University Jepang

SLB TNCC Kerjasama Penelitian Manajemen Bencana Untuk Disabilitas Dengan Tohoku University Jepang

  • Ditulis tanggal 23 Feb 2024 |
  • Dibaca 430 kali

SLB TNCC mendapatkan kunjungan ilmiah dari tim peneliti manajemen bencana dari Tohoku university Jepang dan tim di Indonesia dari Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Adapun yang berhadir ke SLB TNCC adalah Assoc. Prof. Dr. Sebastien Penmellen Boret dan  Dr. Hyejeong PARK, Dr. Alfi Rahman, Muzayyin Nazaruddin, M.A dan Ibu Yulia Direzkia, S.Psi., Psikolog pada Senin, 5 Februari 2024 pukul 09.00 wib. Kunjungan ini disambut langsung oleh kepala sekolah yang didampingi DR. H. Dahlawi, M.Si selaku ketua yayasan rumah kita Indonesia serta Hj. Jamilah, S.Pd.M.Pd selaku pengawas pembina yang bertempat di gedung SLB TNCC Banda Aceh. Kegiatan ini diawali dengan acara seremonial bersama siswa/i dan juga guru/tenaga kependidikan SLB TNCC dimana ada beberapa kata sambutan dilanjutkan dengan penampilan tari Aceh dan beberapa lagu termasuk yang dinyanyikan dalam bahasa inggris oleh para siswa/i SLB TNCC serta ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada tamu.

Kegiatan dilanjutkan di dalam ruangan yang diisi dengan presentasi tentang SLB TNCC oleh DM. Ria Hidayati, S.Psi.,M.Ed selaku kepala sekolah menggunakan Bahasa Inggris. Ria menjelaskan latar belakang berdirinya TNCC pada tahun 2013 hingga pencapaian yang sudah diraih sampai tahun 2023 lalu. Para peneliti dari Tohoku university Jepang sangat antusias dan menunjukkan minat untuk mengetahui lebih banyak tentang TNCC lewat sesi diskusi yang komunikatif. Mereka tertarik untuk mengetahui tentang sistem kerja manajemen serta rekrutmen guru yang dilakukan dan program peningkatan kompetensi guru dalam melayani siswa disabilitas.

Lebih lanjut tim peneliti yang diwakili oleh pak Alfi juga menyampaikan tentang maksud kedatangan terkait rencana mengajak SLB TNCC menjadi mitra penelitian dalam program manajemen bencana untuk disabilitas. Setelah beberapa hari berkeliling di beberapa sekolah di kota Banda Aceh mereka memutuskan bahwa TNCC memenuhi kriteria penelitian yang akan dijalankan. Kegiatan penelitian akan dijalankan di atas bulan Juli 2024 dan diharapkan TNCC dapat membantu terutama dalam menyediakan instrumen berisi informasi tentang manajemen bencana yang dapat dipahami oleh siswa disabilitas.

Ria mewakili semua tim yang berhadir menyambut baik hal tersebut dan menganggapnya sebagai momen yang dapat membantu mengembangkan program riset d SLB TNCC yang melibatkan semua guru dan siswa. Para wakil kepala sekolah yaitu Wahyu Afriyola, S.Pd (kurikulum), Epa Yulita, S.Sos.I (kesiswaan), Nova Maulidar, S.Sos (Humas) juga tim manajemen lainnya memberikan respon positif dan menyampaikan rencana untuk memulai pembelajaran tentang manajemen bencana mulai dari info dasar sampai praktek penanganan secara bertahap dengan media yang disesuaikan dengan kemampuan siswa disabilitas di kelas masing-masing. "Kesemua program ini akan coba kita mulai di program keprofesian berkelanjutan (PKB) SLB TNCC dalam bentuk karya inovasi guru sehingga bisa langsung diuji coba di kelas. Tentu saja kita menunggu info dasar manajemen bencana dari tim peneliti sebagai baseline", tutup Ria.

Kegiatan yang berlangsung hingga waktu dhuhur ini ditutup dengan foto bersama dan acara makan siang. Komitmen untuk melanjutkan komunikasi terkait riset ini akan dilakukan secara konsisten demi terlaksananya pembelajaran manajemen bencana bagi disabilitas di SLB provinsi Aceh yang dipelopori SLB TNCC Banda Aceh .

Kirim Komentar

Kontak
Alamat :

Jl. Rajawali No. 5 Gp. Keuramat

Telepon :

085260805411

Email :

tncc.indonesia@gmail.com

Website :

slbtncc.sch.id

Media Sosial
Youtube