Jelajah Pramuka SLB TNCC ajak siswa istimewa bersihkan sampah di Pantai

Jelajah Pramuka SLB TNCC ajak siswa istimewa bersihkan sampah di Pantai

  • Ditulis tanggal 08 Sep 2023 |
  • Dibaca 53 kali

Sekolah Luar Biasa (SLB) TNCC Banda Aceh mengadakan kegiatan outing pramuka dengan menjelajah alam dan membersihkan sampah yang ada di pantai Alue Naga pada selasa 5 September 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 anggota pramuka inti dengan ketunaan autisme, tunagrahita, tunarungu dan MDVI yang didampingi oleh 7 orang pendamping yaitu Epa Yulita, S.Sos.I (waka kesiswaan), Marhamah, S.Pd (Pembina), Muhammad Yahya, S.Pd (pelatih), Rahma Tina, S.Pd (pendamping), Hamdi, S.Pd (pendamping), Armia, S.Pd (pendamping) dan Munadhian Alhaj, S.Pd (pendamping).

 Sementara itu Pembina pramuka sekaligus Ketua panitia kegiatan ini, Marhamah, S.Pd menyampaikan tema kegiatan ini  adalah “yuk jaga pantai” yang bertujuan agar siswa/I bisa sama sama menjaga kebersihan dan peduli terhadap alam sekitar. Kegiatan Jelajah ini merupakan program rutin di ekstrakurikuler kepramukaan SLB TNCC dan sudah dilaksanakan pertama kali ke Taman Hutan Kota BNI dan kali ini lebih menantang dengan kegiatan susur Pantai sambil membersihkan sampah.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk apel atau upacara Pembukaan, Latihan persatuan baris berbaris (PBB) sederhana, jelajah lingkungan pantai untuk membersihkan sampah, pembentukan kelompok, permainan games serta diakhiri dengan apel penutupan. 

Sebagai pelatih pramuka Muhammad Yahya, S.Pd mengatakan persiapan kegiatan ini dilakukan beberapa Minggu terakhir ini dalam bentuk latihan Pramuka dan juga sosialisasi terkait tata cara peduli lingkungan. “anak-anak dipersiapkan untuk dapat melakukan kegiatan susur Pantai dengan aman ikut berpartisipasi aktif karena kondisi mereka yang disabilitas atau istimewa perlu diberikan pembekalan yang optimal,” kata Yahya.

Sementara itu Waka kesiswaan Eva Yulita,S.Sos.I menyampaikan tujuan dari kegiatan outing pramuka ini untuk melatih para siswa lebih mandiri dalam beradaptasi dengan lingkungan, melatih kepekaan sosial dan  keterampilan kepramukaan siswa-siswi SLB, mengenali alam secara nyata dan melatih problem solving serta menambah pengalaman praktis tentang hidup kepada diri siswa. “Tentu saja karena ini bagian dari program kepramukaan maka secara bertahap kita berharap dapat Untuk penjelajahan ini bisa menjadi media untuk belajar mengaktualisasikan diri, bersosial secara langsung, serta memahami lebih dalam lagi tentang alam disekitar dan juga peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini membawa kesan yang baik bagi para siswa/ siswi, dimana mereka menyesuaikan diri untuk menyatu dengan alam sekitar dan kepedulian terhadap keberadaan makhluk hidup lainya.” kata Epa

Kepala SLB TNCC DM Ria Hidayati S.Psi, M.Ed yang juga menjadi pembina apel menyampaikan bahwa kegiatan outing atau jelajah pramuka ini diinisiasi oleh Bidang kesiswaan yaitu bidang ekstrakurikuler wajib (pendidikan Pramuka) dan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan minimal dua kali dalam satu tahun. Dalam sambutannya di apel penutupan disampaikan juga bahwa kegiatan susur Pantai sambil membersihkan sampah merupakan bentuk aksi peduli SLB TNCC melalui tim pramuka terhadap lingkungan sekitar serta melatih para siswa istimewa untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian lingkungan. “Apresiasi besar kepada smeua siswa dan tim pramuka yang tetap semangat meski dalam cuaca yang tidak terlalu mendukung. Adapun kebiasaan baik untuk membuang sampah pada tempatnya dimulai dari rumah, sekolah, lalu lingkungan sekitar ssalah satunya seperti pantai ini. Setelah ini kita semua diharapkan dapat terus menjadi agen perubahan dan melakukan banyak aksi nyata lainnya untuk menjaga lingkungan guna memberi pengalaman langsung pada siswa istimewa untuk menjadi lebih bermanfaat bagi orang dan lingkungan sekitar,” ujar Ria saat menutup apel.

Program ekstrakurikuler kepramukaan adalah wajib dilakukan di semua sekolah tidak ketinggalan Sekolah Luar Biasa (SLB) sehingga SLB TNCC dengan yakin menjalankannya sesuai kapasitas siswwa yang saat ini masih ada di jenjang SDLB dan SMPLB dengan ketunaan yang beragam. Program yang inovatif, kreatif dan edukatif tentu saja terus diinisiasi oleh tom rpamuka SLB TNCC sehingga diharapkan dapat mewujudkan Merdeka belajar dan membentuk para siswa istimewa dengan ciri profil pelajar Pancasila.

Kirim Komentar

Kontak
Alamat :

Jl. Rajawali No. 5 Gp. Keuramat

Telepon :

085260805411

Email :

tncc.indonesia@gmail.com

Website :

slbtncc.sch.id

Media Sosial
Youtube