Metode Channing

Metode Channing

  • Ditulis tanggal 20 Jan 2023 |
  • Dibaca 318 kali

Chaining merupakan suatu strategi instruksional yang berdasarkan pada pendekatan prilaku, dimana dalam chaining melalui tahap-tahap dengan rangkaian stimulus dan respon dimana tiap stimulus digunakan sebagai reinforce lanjutan untuk suatu respon (Martin & Pear, 2003). Chaining dapat mengajarkan kemandirian dan dapat juga digunakan untuk mengajarkan ketrampilan pada anak. Teknik chaining menggambarkan beberapa respon secara bersama dalam satu urutan, dengan memberikan dukungan yang digunakan untuk membangkitkan suatu perilaku.

Metode chaining ada tiga macam yaitu forward chaining, backward chaining dan total task presentation. Metode chaining yang digunakan adalah forward chaining (Chaining yang berurutan dari depan) yaitu langkah awal diajarkan pertama, langkah atau tahap pertama diajarkan terkait dengan langkah kedua, kemudian langkah pertama sampai ketiga dan begitu seterusnya. (Martin & Pear. 2003). Backward chaining (Chaining yang diajarkan terbalik) adalah prilaku sederhana diajarkan dari urutan yang paling belakang, sedangkang total-task chaining yaitu ketrampilan yang diajarkan sama dengan forward chaining (dari depan) yang merupakan variasi dari forward chaining tetapi semua langkah diajarkan sekaligus. Adapun manfaat dari metode chaining ini yaitu:

-      Berguna untuk mengajarkan bermacam jenis ketrampilan baru untuk semua jenis anak dengan keterlambatan perkembangan.

-      Membantu pemahaman prosedur dan juga konsep dari keterampilan baru.

Contoh tugas yang bisa diajarkan dengan metode chaining adalah program mandiri seperti memakai sepatu,cuci tangan, makan dan sikat gigi. Metode chaining yang digunakan dalam melatih menyikat gigi adalah metode forward chaining yaitu langkah awal perilaku menyikat gigi diajarkan diajarkan pertama, langkah pertama diajarkan terkait dengan langkah kedua dan begitu seterusnya sampai seluruh tahap selesai dilakukan. Berikut merupakan urutan Chaining dalam menyikat gigi:

1. Ambil sikat gigi.

2. Basahi sikat gigi.

3. Buka tutup pasta gigi.

4. Oleskan pasta gigi pada sikat.

5. Tutup pasta gigi.

6. Sikat permukaan luar gigi.

7. Sikat permukaan depan/seri pada gigi.

8. Sikat permukaan bagian dalam gigi.

9. Isi gayung dengan air.

10. Bilas mulut dengan berkumur.

11. Bilas sikat gigi.

12. Lap mulut.

13. Siram bekas menyikat gigi.

14. Taruh peralatan menyikat gigi di tempatnya

Kirim Komentar

Kontak
Alamat :

Jl. Rajawali No. 5 Gp. Keuramat

Telepon :

085260805411

Email :

tncc.indonesia@gmail.com

Website :

slbtncc.sch.id

Media Sosial
Youtube